Thursday, October 6, 2011

mainan. (part I)

Selamat pagiii! x) 
Deadline mendekaat! 

Data udah ada semuaa, lumayan banyaak, tp sayangnya ga bisa diperkecil lg delta-t nya dibawah 0.00001. Oiyaah gw dah bisa gnuplot! :D Pas kmrn gw paksain nge-plot titik dari 0-1000 delta t 0.00001, si gnuplotnya ga bisa, katanya 'out of memory..'. Serem ah. :( Kesian komputer gw dah bekerja dngn keras. CPU-nya ampe panas.. :( Makanya yaudahlah datanya seadanya aja lah yaa.. :P
Mulai! Mulai!

First of all, gw dpt data temperatur terhadap t untuk w=0. (w itu omega) Untuk w = 0 ini, dlm selang 0-2000, si grafiknya (hampir) ttp lurus2 aja.. Untuk delta t yg besar (0.1) komputer gw bisa plot ampe 5000, n hampir ga ada perubahan fase di grafiknya.. Trus gw variasiin di mean free path awal partikelnya.. ada perubahan dikit di grafik.. misalnya grafiknya jadi bertingkat ky tangga, tp secara keseluruhan bisa dianggap tetap 'lurus'. Bener gitu bisa? Heuuuh.. -__- Ga tauu. abisnya bingung harus gimana lagii. Ni jg lagi ngerunning lg, bwt mastiin bener2 bisa ga si grafiknya bisa dianggap lurus..

(beberapa menit kemudian..)

Ternyata lurus! Alhamdulillaah.. Yeaa setidaknya bisa dianggap luruus. :) Untuk kasus omega-nya 0, klo delta-t nya divariasiin, grafiknya ttp lurus.. yg berubah cuma klo utk delta t nya besar grafiknya jadi cenderung diskrit, sedangkan utk delta-t kecil, grafiknya cenderung kontinu. Wajar? Nggaa! Diskritnya itu bukan t-nyaa! Tapi di temperaturnyaa! Aneeeeh.. Malah untuk delta t nya 0.1, temperaturnya 0. Jadi mgkn analisisnya klo delta t nya digedein, perubahan kecepatan si partikel (a.k.a tumbukan dngn alas) untuk selang waktu2 tertentu jadi ga terdeteksi, makanya temperaturnya keliatan diskrit. (Harusnya gw bikin grafik partikelnya pake mathematica. catet!) semoga benar..

Laluu.. sekarang utk mean free path nya yg divariasiin. Tetap lurus, walopun utk mean free path kecil, di awal ada kenaikan sedikit yg bentuknya kaya tangga! Kenaikan temperaturnya tetap linear terhadap mean free path! Baguuus! :"> sesuai sama utk kasus yg omeganya ga 0! Senang2! x) alhamdulillaah.. :">

Jadi kesimpulannya.. Untuk kasus omega 0 (a.k.a ga ada vibrasi), gw mengasumsikan hanya ada 1 fase utk temperatur sistem. Jadi fasenya harusnya ada lebih dari satu? Tau darimanaaa? Ntar setelah ini baru dibahas.. :) Kenapa ko milih asumsi fasenya ada 1? Kenapa ga ada 2 ataw 3 aja, toh kan dirunningnya cuma ampe 2000 s, siapa tauu kebelakang2nya, utk t > 10.000 s , mungkin, temperaturnya ga ttp lurus n jadinya ada 2 fasee.. Well, who knows. Memang experimen n simulasi selalu ky gini. Harap2 cemas aja bawaannya. Makanya gw pilih teory. :D Sebenernya bisa aja gw asumsiin ada 2 fase utk kasus omega nol, tp kan sama aja, gw jg ga tau apa bener setelah 2000 s grafiknya ga lurus lg.. Pokonya selama gw running ampe 2000 s dngn delta t n posisi divariasiin, gw liat grafiknya selalu lurus, n ga ada perubahan fase. Buat apa meng-ada2kan sesuatu yg tidak ada. :D

(to be continued..)

No comments:

Post a Comment