Thursday, October 6, 2011

mainan. (part II)

Okok.. Sekarang ke kasus dimana omega-nya tidak nol a.k.a. ada vibrasi. Whoaaa..

Pertama-tama, gw pake omeganya 1 n omeganya 7.5. Gw pake 1 soalnya 1 deket ma 0, soalnya pngn liat perubahannya. n gw pake omega 7.5, krn di 7.5 ini grafik temperaturnya mulai hilang lurusnya, a.k.a didominasi ma grafik lengkung..

Delta t-nya gw variasiiin! Untuk omega =1, dari delta t 0.001-0.1, mirip sama utk omega nol! Utk delta t 0.1 sama nilainya nol. Cuma grafiknya lebih tebel n lebih bergerigi aja. Mgkn karena ada efek gangguan vibrasi ga nol, makanya ada perbedaan sedikit di grafiknya. Kynya utk w=1, klo ngeliat dari grafiknya, efek gangguannya cukup kecil, jadi harusnyaaaa bisa diselesain pake perturbation method (?). Tapi ada keanehaan! Klo untuk omega = 0, delta t diatas 0.1 perubahan temperaturnya ga ke-detect lagi, untuk omega = 1, setelah 0.1, masih ke-detect, n grafiknyaa dooong. Ancur! Aaaaaaaaa.. x(  Ini contohnya untuk delta t 0.8:
Aneeeeeeh! x( Skrng pertanyaannya: ini murni error, ataw ada kontribusi sifat inherent dari sistem? x( Klo error mah jelas.. tapi liat2.. kan gw ngeplotnya dari 0-100.000! Gw ga tau untuk delta t yg lebih kecil, klo diplot ampe 100.000 jg, bakal menghasilkan grafik ky gini atw ngga.. Harusnya gw plot utk delta t kecil ampe 100.000.. tapi apa daya komputer gw ga mampuu. gnuplot nya jg ga mampuu klo datanya kebanyakan. Sebenernya bisa sih grafiknya dibagi2.. tapi yang bener ajaa. bisa ampe 50 kali ngerunning bwt tiap grafik yg rangenya dari 0-2000.. -___-  Sediiih. Ga tega ah ma kmptr gw. -__-

Dari omega = 1, gw ga bisa ambil kesimpulan apa2.. Apakah si grafiknya bakal lurus teruus, atw bakal belok2 kaya diatas.. Nah makanya skrng gw liat di omega 7.5.. Deltanya divariasiiin darii 0.0005-0.1 (0.8 errornya terlalu besar!) ternyata grafiknya mirip2.. Ada 2 fase. 1 fase lurus.. 1-nya lagi fase.. apa yah? masa chaotic? :D.. Sok2an bgt gw ngasi nama fase chaotic padahal gw ga tau apa2 soal chaos. :D Hooo! fase stabil = lurus, sama fase un-stable = ga lurus! Horehoreee! :D.. 

Ya! Intinya di omega 7.5, dari range sekian, gw mendapati adanya 2 fase pada grafik temperatur, yaitu fase stable n fase unstable. Apa fase unstable ini disebabkan error? Asumsi gw, ngga! Memang pasti ada kontribusi error, tapi gw cukup yakin, klo errornya berhasil dihilangkan, fase unstable ini bakal tetap ada, a.k.a merupakan sifat inherent dari sistem.. Ntar ini bakal terbukti diperkuat sama kasus dimana percepatan gravitasinya gw variasiin.. :)

Kesimpulan yg gw dpt dari sini: untuk kasus w nya tidak sama dengan nol, akan ada minimal 2 fase pada temperatur sistem, fase stable n unstable. Perubahan delta t menyebabkan perubahan range fase-fase tersebut. Bila delta t diperkecil, range stable akan hampir selalu bertambah. Apakah bila delta t menuju nol, range stable akan menuju tak hingga, a.k.a ga ada range unstable? Hmm.. Gw asumsiin ngga. Darimana? Dari analisis kasus yg percepatan gravitasinya gw variasiin (ntar bakal dibahas). Sejauh yg komputer gw running, fase stable mendahului fase un-stable. Apakah setelah fase unstable bisa kembali lg ke fase stable? Nah klo ini gw asli ga tauu. Harus dirunning cukup banyak n gw ga tega ma kmptr gw. Kecuali klo ada yg mw minjemin kmptr. Heuheuu.. Anybody?

PS: Oiyah gw lupaa.. delta t ahirnya gw fix-in jadi 0.001, n range dari 0-2000 s utk kasus2 selanjutnya. Kata nyayu standarnya klo ngerunning delta t nya amannya segitu. Range 0-2000 cukup lebar, n cukup aman lah bwt kmptr gw. :D

(to be continued..)

No comments:

Post a Comment