Tuesday, October 18, 2011

A Little Story About Sound Recording..

Sekitar 1-2 minggu yg laluu, pagi2 saya harus berangkat ke kampus. Seperti biasa saya naik angkot, & seperti biasanya jg, saya selalu pasang headphone (bukan earphone, soalnya earphone lebih gampang rusak. :D) untuk mendengarkan laguu. Saya hampir selalu dengerin lagu di angkot, karena rumah saya yang jauh, butuh sekitar 1 jam 15 menit dari rumah ke kampus.

Biasanya tidak ada yg peduli saya pake headphone atw tidak, tapi kali ini ada yg komentar. Seorang anak perempuan kecil lucu berumur 3 tahun. Dy bukan keponakan ataw saudara saya, tidak ada hubungan darah dngn saya. Si anak kecil terus melihat ke arah saya. Akhirnya saya sadar diliatin terus sama anak kecil ini dan saya tersenyum ke arah si kecil. 

Mungkin karena saya senyum, ahirnya si kecil berani bertanya "Itu pake apaa?" (maksudnya ke headphone). "Owh ini? (sambil nunjuk headphone) Ini bwt dengerin laguu.. :). Mau nyoba denger?" jawab saya. Si anak kecil menggeleng malu2. Hahahaa lucu bgt! :D

Dy bertanya lagi "Lagu apaa?" :D Kebetulan waktu itu saya lg dengerin lagu-nya Geisha (nama band indonesia *bukan band alay*), dan rasanya ga terlalu pantes saya jawab "lagi denger lagunya Geisha" ke anak kecil umur 3 thn. :D Saya kan jadi bingung, "Eh lagu apaa yaa?" *gelagapan* Ibu anak itu sepertinya mengerti kebingungan saya, lantas menjawab "Dengerin lagu kesukaan tetehnya atuuuh.." :)

Lama si anak itu diam sambil terus melihat ke arah saya. :) Ahirnya dy bertanya lagi "Lagunya ada dimanaa?". Hoo.. Ahirnya saya mengeluarkan mp3 player saya yg kecil yg sebelumnya saya simpan di dlm tas. "Disinii. Mau liat?" :) Si anak kecil lagi2 menggeleng malu2. Beberapa saat setelah itu, anak kecil dan sang ibu turun dari angkot.

*Ga terlalu menarik sepertinya cerita gw. :D* 

Pertanyaan terahir anak itu bikin saya teringat masa2 kecil dulu, pas lagi umur2 segitu juga. :D Dulu saya dan adik2 hobiiiii bgt dengerin laguu. Jaman dulu blm ada yg namanya mp3, n klo mw dengerin lagu, harus muter kaset! Dulu saya mikirnya di dalam kaset & di dlm tape itu ada orang2 kecil yang nyanyi, makanya bisa keluar lagu dari tape itu. :D Klo misalnya ada lagu yg enak n pngn di-replay, saya cuma berani me-rewind 1 kali aja, karena saya takut orang2 kecil di dlm kaset itu jadi capek. :D Ajaib! :D

Sekarang mgkn klo ada orang seumuran saya yg masih percaya ada orang2 kecil di dlm kaset pasti akan diketawain abis2an. :D Well, ahirnya seiring bertambahnya usia, saya ngerti klo di dlm kaset itu ga ada orang2 kecil yg nyanyi. Pas SMP saya akhirnya ngerti cara kerja kaset, yg ternyata 'merekam' suara ke pita magnetik. 

Sebenernya klo dipikir2, evolusi sound recording dari masa2 ke masa itu ajaib! Klo ga salah pertama kalinya yg bisa ngerekam suara n dimainin berulang2 itu gang-nya Graham Bell n Edison cs.. Pake gramophone klo ga salah. Coba bayangin, mulai dari ngerekam pake gramophone yg piringannya besar bgt (lebih besar dari piring makan!), yg cuma bisa nyimpen 2 lagu, ampe sekarang ada i-pod nano (nyayu punya, n sumpah gw sirik setengah mati. :D), yg bisa nyimpen ribuaaan laguu! Mengerikaan! Kayanya seluruh dunia ni jg bisa masuk deh ke i-pod nano. :D

Kereen. Kagum saya sama cara kerja alat perekam. Kadang2 salut sama manusia2 yg punya ide2 yg sedemikian ajaibnya. Tingkat 2 kuliah di fisika kan wajib ngambil kuliah elektronika n sistem instrumentasi (huek! :D), ahirnya saya ngerti (secara garis besarnya doang yah! bukan detailnya. :D) gimana caranya menyimpan informasi dalam 'benda2 mati' (i.e., materi). Ada yg namanya analog-to-digital-converter, yg intinya mah (semoga benar!) data analog yg bentuknya mekanik, ntah nada, ritme dll. yg 'cuma' merupakan gelombang suara (suara sebenarnya 'cuma' perubahan pada tekanan udara) diterima sama alat yg namanya 'receiver' trus dikonvert sama alat yg namanyaa converter.. Hadoh ada nama khususnya itu! *Gw lupaaa!* Yaa pokonya informasi perbedaan tekanan itu dikonvert ke bentuk digital, ataw 'dipindahin' ke elektron2 yg ada di suatu materi. Elektron2nya kaya dikasi perintah harus memenuhi salah satu dari keadaan: 1 atau 0 (keadaan biner2 gitu deh klo ga salah..). Yg penting informasi udah di-store dalam suatu media, ga peduli bentuknya apa, dan siapa yg menyimpannya. Klo kita pengen, misalnya, dengerin lagi lagu-nya, ya tinggal dibalik aja prosess tadi.

Ajaiib! (0_o) Kayanya pada intinya ga beda jauh ya 'elektron2 yg nyimpen informasi' sama 'orang2 kecil yg nyanyi di dlm kaset'. Hahahahahahaa.. Sepertinya saya rada2 terganggu. Heuu. :D


 ♥mp3 player kuno kesayangan gw (yg ada tulisan p*nasonic-nya..) masih ada ampe skrng.♥

♥ujian elektronika gw sama pa supri yg nilainya ok bgt dah. hahahaa.♥

♥kaset queen gw yg -alhamdulillah- lengkap!.♥


Web yg bagus bwt belajar sound recording: http://www.audiosonica.com/en/course/post/2/Index

No comments:

Post a Comment