Wednesday, June 30, 2010

hening (2)

Kmrn2 pas lg nemenin mamah jalan2, di mobil secara ga sadar saya mendengarkan lagu yang sejak kecil selalu saya dengarkan.. Lagunya Chrisye (secara waktu itu papah n mamah lagi kangen2nya ma Indonesia, heuheu..). Judulnya 'hening'.
Kata mereka (kata ortu, tante2, dll) saya dulu pas balita sukaaaa bgt ma lagu ni. Saya pribadi sih ga terlalu konsen ma liriknya, tapi nada-nya memang enakeun.. Sampai ketika di mobil saya kebetulan dengerin lagu hening ini lagi, dan secara tidak sadar, saya ngikutin kata2 di lagunyaa.. n ternyataaa.. Hwaaaaaa! Baguuuuus! (^^). Setelah hampir 20 tahun saya suka lagu ini, baru saat itu (di mobil) saya bener2 sadar pesan yg disampaikan ma lagu 'hening'. Heu..
Memang tentang apa pesannya? Hmm.. Tentang kekaguman manusia pada alam semesta dan isinya. (^^) dan kekaguman terhadap penciptaNya. (^^)
Yaaaaa.. Memang liriknya terlalu klise sih.. Terlalu explisit.. Tapi secara keseluruhan pesannya cukup tersampaikan (setidaknya untuk gw.. :P). Intinya.. Klo kita melihat segala sesuatu di sekitar, kita akan menemukan hal2 yg mengagumkan. Mungkin selama ni tidak terperhatikan..
  
Mungkin alam jadi terlihat 'biasa2 saja' karena kita terlalu sibuk dngn permasalahan sehari2.. Jadi tidak sempat untuk melihat hal2 di sekeliling kita.
 Mungkin ada juga yg beranggapan 'melihat2' sekeliling itu tidak penting..
Sepertinya kita harus berusaha untuk menghargai hal2 'kecil' di alam semesta ini. Karena hal2 besar dibentuk dari hal2 kecil ini..
Dengan berusaha mengerti hal2 kecil, mungkin kita bisa lebih mengerti arti dan tujuan hidup kita.
Jawaban dari 'Kenapa semua ini harus ada?' 'Kenapa kita harus ada?' 'Dari mana dan akan kemana kita semuaa?' 
Mungkin perjalanan mencari jawabannya bisa menjadi perjalanan seumur hidup. Seperti apa jawabannya?
(...)
Akankah jawabannya menyenangkan? Atau mengecewakan dan tidak seperti harapan kita? Atau.. adakah jawabannya?
Mungkin tidak harus selalu dipikirkan serumit itu.. Cukup lihatlah alam sekitar.. Lihat wajah sendiri di kaca. Lihat keluarga, teman, dan orang2 sekitar yg kita sayangi. Lihat awan dan matahari. Lihat langit dan bintang2. Lihat alam sekitar..
Secuek dan se-skeptis apapun manusia, saya yakin, mereka bisa merasa kagum, takjub, sekaligus takut dengan semua yg ada.. Kita hanya perlu merasakan dengan hati..
Mungkin dengan demikian kita bisa lebih cepat menemukan jawabannya.. (^^)

1 comment: