Tuesday, March 23, 2010

curhat menjelang ujian.. :( (part 2)

Lanjutkaaan! :D
E v o l u s i B i n t a n g

Stellar Nucleosynthesis:

Kelupaan ngejelasin ttg fusi nuklir. :P Fusi nuklir: Proses kombinasi antara 2 atau lebih inti atom menjadi 1 inti. (Klo fisi kebalikan fusi). Massa awal sistem lebih besar dari massa ahir, dan sebagai akibatnya, ada massa yg hilang, yg berubah menjadi energy. Nah makanya bintang bisa bersinar itu karena adanya radiasi dari fusi nuklir ini. :)


Proses fusi nuklir yg terjadi pada bintang disebut stellar-nucleosynthesis, yg gw tau, cuma 3 (klo ga salah ada 4): proton-proton chain, CNO cycle, n triple alpha proses. Proton2 chain itu intinya fusi hidrogen menjadi helium (proses yang paling pasaran. :P). Klo CNO cycle mah sama aja, fusi2 hidrogen jadi helium juga, tapi melalui siklus dengan katalisator Carbon, Nitrogen, n Oxygen (ga apal gw). Yg sedikit beda itu triple alpha proses, yaitu fusi helium menjadi Carbon. Selama bintang masih punya hidrogen, bintang itu akan terus 'membakar' hidrogennya menjadi helium, secara hidrogen itu unsur yg paling ringan. Makanya proton-proton chain itu jadi siklus yg paling sering terjadi pada bintang. Nah berati, klo bintang itu keabisan bahan bakar hidrogen, skrng gantian helium yg dijadiin bahan bakarnyaa.. :D (nampak mengerikaan.. ahli astro ngomongin hidrogen n helium jadi bahan bakar teh kaya yg enteng bgt, padahal energi yg dilepas dengan 'membakar' hidrogen teh besaaaaaar bgt, katanya 1 kg hydrogen yg 'dibakar' energinya bisa dipake bwt kebutuhan energi di bumi selama 1 dekade. Hiii.. :D) ♥ 'membakar' disini maksudnya melakukan fusi nuklir yah, bukan bakar2an biasa kaya bakar sampah.


Evolusi Bintang

Kata bu Hesti: "Bintang disebut hidup selama dy masih bisa membakar unsur-unsur di dalamnya". Ampe kapan bintang bisa terus bakar2an? Apa ampas sisa dari reaksi fusi juga masih bisa dibakar? Hmm.. dari mulai membakar unsur yg paling ringan, terus membakar helium, carbon, dll, dll, sampai ke unsur2 yang lebih berat.. Sampai kapan? Ternyata reaksi fusi hanya bisa dilakukan sampai pada unsur Besi (Fe, 56). Kenapa cuma ampe besi? Kan masih banyak unsur lainnya yg lebih berat dari besi, masih ada unsur2 ampe nomor atom 114, klo ga salah.. Ternyata karena Besi itu unsur yg paling stabil di alam. Inget kuliah intii! :D Ada grafik energi ikat inti:
Liat2.. Yg energi ikatnya paling besar itu besii. :D Berarti setelah hampir seluruh bagian bintang terdiri dari besi, bintang tidak akan melakukan reaksi fusi lagi. Bintang bisa dibilang sudah mati. :( Bagaimana cara suatu bintang mati ditentukan oleh seberapa besar massa bintang tersebut:

Diagram Evolusi Bintang:
Keterangan tinggal liat di gambar.. Haaaa.. Banyak yg harus dihafal ternyataa.. Yg dibahas di AsRel itu White Dwarf, Neutron Star, n Black Hole. Untung ujiannya cuma ampe Neutron Star..
Tadi nyampe mana? ..Hoaahmm.. dah ngantug euy.. Apa tidur dulu yah? Hiks.. Hya ampuun. gimana ceritanya ujiaan gw besok? Moga ada keajaiban. Nite! :(



No comments:

Post a Comment