Tuesday, March 23, 2010

curhat menjelang ujian.. :( (part 1)

Besok ujian AsRel. Hiks.. Udah fotokopi bukunya sih.. Tapi ternyata bukunya terlalu teknis, bnyk persamaannya jadi males bacanya. Bahan ujiannya dah ada juga di file presentation, tapi ternyata printer gw lg error, jadi ga bisa di print. Bnyk persamaannya juga sih, tapi jauh lebih mending daripada buku aslinya. Haaa.. Bnyk bgt yah halang rintang bwt belajar teh. :P Ahirnya mah malah jadi baca2 dari wiki ajaa. :D

Skrng mw merangkum yg gw baca di wiki: :)

♥ B I N T A N G ♥


Apa itu bintang? (Anak kecil jg tau! 'Sesuatu' yg berkerlapkerlip di langit. :P) Hoo.. Ga salah juga, tapi klo ditanya 'sesuatu'-nya itu apa, berati harus ada jawaban lagi. Jadi keinget film Lion King, pas si Simba lg liat langit n ngomongin apa itu bintang, si mahluk yg kecil tea (siapa sih namanya? Timon? :P) bilang bintang itu kunang2 yang ditempel di langit! Hahahaa.. :D trus ternyata yg paling ilmiah teh jawaban di Pumbaa-babi hutan `bintang itu bola gas yg berpijar jauh di langit sana.. (Hahaa.. film2 disney emg mendidik)! :D).

Anyway, definisi ilmiah ttg bintang secara garis besar mirip ma yg dibilang Pumbaa. Bintang adalah bola plasma yang berada dalam kesetimbangan hidrostatik, yang meng-emissi-kan energynya sendiri melalui proses fusi nuklir. (Whoaa.. ga beda jauh ma definisi-nya Pumbaa :D).

Apa itu plasma? Plasma = gas yg ter-ionisasi. Klo lo pny gas, trus gas itu dipanasin (dinaikin temperaturnya) n ditambah tekanannya, maka gas-nya akan terurai jadi ion positif dan negatif. Keadaan gas yg terurai ini yg namanya plasma, state ke-empat dari materi. Berarti jelaslah yah, secara bintang itu bola plasma, temperatur n tekanan di bintang harus cukup tinggi.. :P

Apa itu kesetimbangan hidrostatik? Kesetimbangan hidrostatik: Hmm.. bingung jg gw. Mungkin maksudnya untuk skala ukuran besar dan jangka waktu yg tertentu, pada bola plasma bintang tidak diamati adanya aliran mendadak yg cukup signifikan (makanya dibilang setimbang hidrostatik ~seakan2 'diam' klo dilihat dari jauh..). Setau gw, syarat dari setimbang itu salah satunya sigma F nya harus = 0. Karena ~setau gw lg, gradien tekanan di gas itu sama dengan perubahan momentum = gaya (tesis gw! :D), berati gradien tekanan harus sama dengan 0. Sebagai bola plasma (anggep aja kaya gas), berati kan bintang punya tekanan hydrostatik tuh.. n sebagai gas juga, bukannya harusnya mereka teh saling mencar yah? Klo gitu, apa yg menahan si bola plasma ini biar tetap utuh? Ternyata gaya gravitasi bola plasma itu sendiri.. Pokonya intinya mah tekanan hidrostatik (yg cenderung mendorong keluar) itu di-counterattack ma 'tekanan' gravitasi (yg cenderung mengikat massa), sehingga bintang mencapai kesetimbang hidrostatik.

Trus.. Jeans Length? Apa ituuu? Hwaaaa.. Perasaan pernah dengeeer! :( Hiks.. masih bnyk bgt yg harus dibaca.. dah jam 00.52. Mata dah sepet. :( Haaaa.. bertahaaaan!

ps: tidak semua yg saya tulis itu benar. :D

1 comment:

  1. Jeans Length: Radius kritis dimana keadaan setimbang antara tekanan hidrostatik plasma dengan gravitasi diri tercapai. Pada radius ini, tidak akan terjadi kontraksi atau expansi gas. 'radius' gas akan terus berosilasi sampai tercapai keadaan setimbang.

    ReplyDelete