Saturday, August 13, 2011

(differential) Geometer v/s Pembuat Peta.

Saya ingin berceritaaaa! :D Pada hari ini akhirnya setelah 5 hariii sejak dtngnya sms dari my supervisor, saya berhasil mendiagonalisasi metric 3 dimensi melalui transformasi koordinat.. Aaaaaa.. Pngn nangiiis. :( Alhamdulillaah. Semoga benar & semoga my supervisor percayaa. Hiks.

Yeeaa. Saya tau ko udah lama sekali orang2 tau klo metric 3-dimensi selalu bisa didiagonalisasi. Heuu. But having done that using my own hand, really makes me happy. :) After all this gloom, finally, semangath gw yg hilang bisa balik lg.. Alhamdulillaaah.. :)

Btw, makin lama belajar differential geometry, gw jadi ngerasa makin mirip ma pembuat petaa. :D Klo para penjelajah mah kan menjelajah bumii, nentuin arah pake kompas, trus nentuin titik Greenwich Mean Time-nyaa, ngasih nama tiap2 tempat di bumi n bikin petanyaa, trus mulai nyari jalur terpendek antara 2 titik. Mirip ma org2 differential geometry! Menjelajah manifold bwt mastiin manifoldnya mulus n ga ada yg bolongnyaa,  nentuin arah2 a.k.a vector basis-nyaa, pilih titik bwt dijadiin titik origin (klo di buku istilahnya 'identifying point'), trus ngasih nama tiap2 titik a.k.a covering melalui transformasi koordinat, abistu mulai deh nyari geodesic-nyaa. Heuu.. Luchuu! :">

Hahaha.. Random bgt sih gw, awalnya pake 'saya' ke belakangnya pake 'gw'. :D
Semangath-semangath! ^^

PS:  "When you make the finding yourself - even if you're the last person on Earth to see the light - you'll never forget it." -Carl Sagan

No comments:

Post a Comment