Monday, January 24, 2011

Berpikir ttg kehidupan? Hmmm.. ^^

(Abis beberes isi kmptr n nemuin tugas makalah jadul. Biar ga ilang mw gw taro disini aja. :) Sekalian nyoba untuk ga cuma nyampah di blog. :D)

Apa sebenarnya definisi dari makhluk hidup? 

Apakah makhluk hidup adalah materi-materi yang dapat mereplika dirinya sendiri? Apabila seperti demikian definisi makhluk hidup, maka molekul-molekul raksasa, seperti protein, atau virus seharusnya dapat dikategorikan makhluk hidup. 

Apakah makhluk hidup adalah segala sesuatu yang dapat mengolah informasi? Apabila  seperti itu definisinya, maka seharusnya artificial intelligence seperti program komputer dan neural networking juga dapat dikategorikan sebagai makhluk hidup. 

Apakah makhluk hidup adalah materi yang memiliki kesadaran (consciousness) dan kehendak bebas (free-will)? Apabila seperti demikian definisi-nya, bagaimana kita bisa yakin bahwa ada materi yang benar-benar memiliki kehendak bebas (mungkin saja kehendak bebas itu hanya ilusi), dan bagaimana kita bisa yakin bahwa binatang, tumbuhan, bakteri, bahkan partikel-partikel subatomik seperti elektron tidak digerakkan oleh kesadaran?

Kelihatannya alam semesta dan isinya memiliki bentuk hierarki, dengan kata lain, memiliki kemiripan pada tiap-tiap levelnya. Sifat-sifat dan hukum-hukum alam yang berlaku pada tiap tingkatan / level belum tentu sama untuk setiap tingkatan. Hal ini disebabkan oleh suatu mekanisme yang dikenal dengan emergence process. Secara garis besar, emergence process adalah proses munculnya suatu sifat baru (yang disebut emergence properties) ketika komponen - komponen pada suatu level berinteraksi membentuk komponen dengan level yang lebih tinggi. Sebagai contoh, neutron dan proton, dalam keadaan bebas bersifat sangat tidak stabil, dengan waktu paruh 11 menit, tetapi apabila keduanya bergabung, terikat dalam nukleus, maka nukleus tersebut akan bersifat sangat stabil dengan waktu paruh jutaan tahun. 

Hukum-hukum alam pada lower-level tidak dapat menjelaskan secara lengkap proses-proses pada level diatasnya. Dengan mengamati proses evolusi materi-materi di alam semesta yang memiliki kecenderungan sifat hierarki, mulai dari partikel subatomik seperti quark, lepton, membentuk baryon seperti proton, neutron, membentuk atom, molekul, molekul raksasa, sampai dalam skala makro-organisme seperti manusia, sepertinya cukup beralasan untuk menganggap bahwa ’kehidupan’ adalah suatu emergence properties yang muncul pada salah satu tahapan diatas. Begitu juga dengan kesadaran (consciousness), yang juga dapat dianggap suatu emergence properties yang muncul pada tahap-tahap evolusi. Kapan tepatnya dan pada tahap mana ’kehidupan’ dan kesadaran muncul pada evolusi mungkin tidak dapat diketahui secara pasti.

PS: Apa itu emergence process? >> (http://en.wikipedia.org/wiki/Emergence
Mumpung liburan, gw pngn baca bnyk hal! ^^ Revisiiii, cepatlah selesaiiii! -____-'

No comments:

Post a Comment