Wednesday, May 5, 2010

distribusi jungian?

Heu.. Hari ni secara tidak sengaja, saya baca2 ttg tipe2 manusia menurut Carl Jung. Nampak luchu. Dan ramay. :D Katanya ada 16 tipe manusia beserta distribusi-nya. Ada yg paling jarang, ada juga yg paling banyak. :D Yg paling jarang itu ternyata tipe2 manusia yg cenderung berkorban untuk manusia lain, seperti Mahatma Gandhi.

Jadi keikut mikir jg, apa bener yah tipe2 manusia bisa digeneralisir kaya gitu? :D Klo dipikir2 sekarang mah mungkin bisa.. Analogi-nya mungkin kaya mekanika statistik aja. :P Klo untuk kumpulan segelintir orang, mungkin distribusi tipe mana yg paling sering n jarang ga gitu akurat, tapi klo untuk 10 milyar jiwa penduduk bumi, kemungkinan besar, distribusi Jungian bisa berlaku. Iyah mungkin bakal ada penyimpangan2, tapi penyimpangan2nya kecil, n tidak signifikan terhadap total keseluruhan kasusnya.

Hmm.. tapi klo kembali diperkecil lingkupnya, jadi ke 1 individu ajah. Kynya qt bakal liat betapa kompleksnya manusia itu. Manusia per-individu tidak se-simple yg dideterminasi teori Jung. Mungkin seumur hidup seorang psikolog ga kan pernah bisa bener2 mengerti 1 org klien-nya. 1 orang saja.

Trus.. Jgn lupa jg.. Manusia itu bukan partikel. :D Ga bisa dianalogiin pake mekanika statistik harusnya. :D Tapi, mungkin ga yah berlaku sebaliknya? Skrng dibalik, sistem partikel yg lingkupnya qt perkecil terus, ampe ke partikel individu. Benar2 berlakukah hukum mekanika? Atau jgn2 sama ky manusia, ternyata partikel individu itu sangat-sangat kompleks, dan (sama seperti psikolog yg mencoba mengerti kliennya) , seorang scientist tidak akan pernah benar2 mengerti 1 partikel saja?

Hahaaa.. ngomong apa sih gw.. :D

No comments:

Post a Comment